Tips Perawatan Bibir Sehat

Posted: Mei 25, 2010 in pendidikan kewarganegaraan

Tips Perawatan Bibir Sehat

Menjadi idaman setiap perempuan untuk memiliki bibir yang sehat dan indah. Salah satu cirinya dapat dilihat dari kelembabannya. Ketika bibir terasa kering, tidak jarang dari kita yang segera membasahi bibir dengan saliva (air liur).

Padahal, langkah ini justru mengakibatkan bibir kehilangan kelembapan dan semakin kering, disebabkan salah satu enzim yang ada dalam saliva.

Karenanya, penting bagi Anda untuk mengetahui perawatan bibir yang tepat.

  • Perawatan bibir berwarna gelap

Jika Anda memiliki bibir berwarna gelap dan ingin mendapatkan bibir indah dengan warna cerah, gunakan masker bibir khusus yang ada di outlet kosmetik. Selain berfungsi membersihkan juga dapat menjaga kelembutan. Sering-seringlah mengkonsumsi buah dan makanan yang berimbang.

  • Perawatan bibir kering

Bagi yang bermasalah dengan bibir kering, jangan berusaha mengelupasnya sebab akan menambah luka. Gunakan scrub khusus bibir yang fungsinya melakukan pengelupasan

  • Perawatan bibir berbintik coklat

Bibir pun kadang juga berbintik kecoklatan bila terkena panas. Saran terbaik, gunakan krim perawatan yang memiliki melanin untuk melindungi kulit bibir

  • Perawatan bibir pecah-pecah

Lindungi bibir Anda dari cuaca yang buruk dengan menggunakan krim pelembab pada bibir. Konsumsi vitamin B dan C yang cukup. Oleskan minyak kelapa pada bibir sebelum tidur. Kompres bibir dengan menggunakan air hangat 3 kali seminggu.

Berikut langkah penting untuk perawatan bibir sehat :

  1. Kurangi kebiasaan membasahi bibir dengan saliva.
  2. Konsumsi 8 gelas air perhari agar kesehatan maksimal , dan menggunakan lip balm yang mengandung vit A dan C
  3. Konsumsi sayur-sayuran terutama yang mengandung vitamin C tinggi.
  4. Agar perawatan bibir mendapat hasil terbaik, usahakan untuk tidak merokok!
  5. Lindungi bibir dari sinar matahari dengan menggunakan lipbalm, terutama sebelum memakai lipstik
  6. Lakukan pijatan ringan pada bibir dengan krem khusus bibir dan oleskan sedikit pada bibir saat malam hari untuk perlindungan alami.
  7. Bersihkan lipstick sebelum Anda berangkat tidur dengan pembersih khusus bibir dan jangan lupa oleskan pelembab bibir sebagai perlindungan.
  8. Untuk membuat bibir rileks, perawatan bibir yang bisa Anda lakukan dengan membuat masker alami dengan jus pepaya yang kental. Letakan di handuk lembut dan gosokan perlahan di sekitar bibir. Biarkan selama 10 hingga 15 menit, basuh dan oleskan lip balm. Pepaya memiliki kandungan enzim yang berfungsi mengelupaskan dan dapat membantu mengelupas kulit mati di bibir serta menghaluskannya.
  9. Rendam teh celup hitam pada air hangat, lalu tekan-tekan pada bibir selama tiga menit. Ini akan meningkatkan tingkat kelembaban pada kulit bibir Anda.

10.  Untuk mendapatkan pengelupasan yang sempurna, Anda juga bisa mengoleskan tipis-tipis pasta gigi secara merata diseluruh bibir Anda. Diamkan beberapa saat, dan gosokkan sikat gigi paling halus secara perlahan dan memutar ke bibir Anda.

11.  Perawatan bibir alami juga bisa dengan menggunakan madu, agar permukaan bibir halus. Caranya, oleskan tipis madu pada bibir sebelum tidur. Lalu bilas dengan air pada pagi hari.

Tentang Penulis: AsianBrain.com Content Team. Asian Brain adalah pusat pendidikan Internet Marketing PERTAMA & TERBAIK di Indonesia. Didirikan oleh Anne Ahira yang kini menjadi ICON Internet Marketing Indonesia. Kunjungi situsnya: www.AsianBrain.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s