MENGGORENG KENTANG AGAR TETAP KRIUK

Posted: Mei 25, 2010 in pendidikan kewarganegaraan

MENGGORENG KENTANG AGAR TETAP KRIUK


Asal mula kentang yg sudah menjadi makanan rakyat di Jepang adalah dari Pulau Jawa makanya disebut Jagaimo artinya Kentang dari Jakarta. Ada beberapa jenis kentang yg saya lihat di Jakarta. Kentang untuk bahannya Kroket kentang itu, cocok untuk kentang goreng.

Saya pernah mencoba membuat Kroket Indonesia dengan kentang Jepang  tapi sayang hasilnya tidak bagus, Rupanya kentang di Jepang lebih  banyak mengandung kadar air daripada kentang yg ada di Jakarta. Jadi terpaksa menggoreng kentang itu dahulu baru dihancurkan dan diisi lalu digoreng lagi. Jadi hasil gorengannya lumayan bagus.
Cara membuat Pototo Fired or French friend..

  • Kentang yg sudah dikuliti itu direndam sebentar dalam air yg diberi garam lalu airnya ditiriskan dan keringkan dengan paper towel.
  • Kentang dipotong sesuai selera.
  • Taburi dengan tepung terigu merata dan waktu ingin mengoreng tepung terigunya itu dibuang dengan menepuk kentangnya pelan-pelan.
  • Garing atau tidaknya bahan makanan yg digoreng itu memang tergantung  pada suhunya minyak goreng. Suhu ideal untuk gorengan adalah 160 derajat celcius.
    Nah bagaimana cara untuk tahu bahwa suhu minyak goreng itu sudah suhu  ideal? Cobalah masukan 1 potong kentang itu kedalamnya dan bila cepat  kembali terapung berarti suhunya sudah pas .
  • Gorenglah kentang itu sedikit demi sedikit agar hasil gorengannya  merata dan juga suhu minyak tetap stabil.
  • Goreng dengan api sedang dan bila kentang itu mulai dikelilingi buih buih minyak goreng merata dan juga sudah mulai kedengaran gemerisiknya minyak goreng,kentang itu diangkat.
  • Biarkan panasnya minyak goreng itu merambat pelan tapi pasti kedalam  gorengannya.
  • Jangan tunggu sampai kecoklatan baru diangkat.

Untuk potato chips..
Caranya juga sama hanya saja  waktu menggorengnya lebih cepat. Bila dapat, carilah kentang mentega,kentang yg agak kekuningan dan  bentuknya lonjong karena jenis kentang ini tidak mengandung kadar air  yg tinggi dan tekturnya agak keras.

Sumber :  Majalah Masak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s